Perbedaan Sertifikat dan Piagam

 Perbedaan Sertifikat dan Piagam

Penyebutan sertifikat dan piagam sering kita dengar. Terkadang kedua dokumen tersebut disamakan, padahal sebenarnya memiliki perbedaan. Untuk itu, kita perlu membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Berikut adalah pengertian sertifikat dan piagam menurut KBBI,

Sertifikat adalah tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian.

Sedangkan Piagam adalah surat (tulisan pada batu, tembaga, dan sebagainya) resmi yang berisi pernyataan pemberian hak, tanah, dan sebagainya atau berisi pernyataan dan peneguhan mengenai suatu hal (tentang ikrar dan sebagainya). Lebih lanjut, KBBI juga mengartikan Piagam sebagai diploma atau ijazah.

Dari pengertian di atas kita bisa mengetahui hal mendasar tentang perbedaan sertifikat dan piagam. Keduanya adalah sama sebagai bukti pernyataan, tetapi sertifikat lebih keĀ BuktiĀ kepemilikan atau keturutsertaan, sedangkan piagam lebih ke pemberian penghargaan. Inilah yang sering terjadi dimana orang sering salah menyebutkannya seperti sertifikat penghargaan, sedangkan yang benar adalah piagam penghargaan. Contoh penyebutan yang benar untuk sertifikat adalah sertifikat tanah, dan lainnya yang menyangkut tentang pengakuan tentang hak milik suatu benda.

Fungsi Piagam

Contohnya ketika seorang siswa SMA mengikuti lomba debat bahasa Arab dan memenangkan perlombaan. Lalu selain juara yang dia dapatkan, dia harus mendapatkan bukti tertulis berupa piagam yang menyatakan bahwa dia sebagai pemenang.

Contoh Piagam

kaktaufiq

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *